Posts Tagged ‘obat tradisional’

Beberapa bulan terakhir ini, Lexa sering ngalamin panas. Entah itu mo sakit flu, batuk, mo tumbuh gigi atau yang biasa orang tua2 bilang mo nambah pinter *kalo yang satu ini aku blm nemu korelasi ilmiahnya,meski gk bilang salah juga sih… ;p *

Sempat beberapa kali tiap dia panas tinggi *bahkan suhunya sampe 38°C* aku langsung bawa ke dokter, karena kuatir muncul kemungkinan sakit lain yang lebih serius. Yang terakhir adalah ketika dia mo tumbuh gigi, sampe 5 hari Lexa alami panas tinggi, dari yang tanpa flu, sampe dia kena flu & batpil *berujung pada teparnya mama akibat begadang tiap hari. hiks*

Udah 3 DSA aku datangi hanya untuk menurunkan panas tingginya Lexa. Biasanya waktu bayi dulu, tiap abis imunisasi yg bikin panas, cukup aku kasih ASI banyak2 aja panasnya langsung turun gak sampe ganti hari. Tapi kali ini, kok gak ada perubahan ya… Udah hampir putus asa, krn udah ganti dokter n obat2an diminum lexa, sampe mama gak tega liatnya. Meskipun secara aktivitas n pola makan, gak ada perubahan berarti. Lexa tetep maen2 seperti biasa n maemnya pun masih banyak seperti gk sakit. Tapi suhu badannya yang tinggi tetep gak bisa bikin mama tenang.

ini dia penampakan daun banten

ini dia penampakan daun banten

Kebetulan, bi Hur (ART di rumah Omanya Lexa) tau, dan dia bilang kalo ada obat tradisional yang biasa dipake di NTB sini, namanya daun banten.  Aku kurang tau apa sebutan untuk daun banten ini kalo di Jawa. Tapi kalo diliat2 dr bentuknya dan fungsinya, sepertinya daun banten biasa disebut daun dadap kalo menurut istilah umumnya.

daun banten close up

daun banten close up

Oleh bi Hur, daun banten yang udah didapet tadi *pohon banten biasa tumbuh di pinggir jalan & digunakan untuk pagar oleh warga sini* diuleg dan digunakan untuk tapel di kepala lexa. Dan Puji Tuhan, gak sampe sehari, ternyata panas demam yang udah bikin kita kuatir itu perlahan2 turun n gk kembali lagi.

daun banten

daun banten

Ajaib! Ternyata obat demamnya lexa hanya beberapa lembar daun banten yang gratis dan tersedia di alam bebas. Sementara obat dokter yang menelan biaya hingga ratusan ribu tdk berhasil menurunkan panas demamnya.  Sejak saat itu, aku selalu menggunakan daun banten setiap lexa mengalami panas demam. Alam ternyata sangat baik, dan Tuhan juga luar biasa baiknya, hanya saja, kita manusia yang harus bersahabat dg alam, agar bisa mendapatkan manfaat yang positif darinya.