Archive for the ‘Information 'bout Pregnancy & Baby’ Category

Beberapa bulan terakhir ini, Lexa sering ngalamin panas. Entah itu mo sakit flu, batuk, mo tumbuh gigi atau yang biasa orang tua2 bilang mo nambah pinter *kalo yang satu ini aku blm nemu korelasi ilmiahnya,meski gk bilang salah juga sih… ;p *

Sempat beberapa kali tiap dia panas tinggi *bahkan suhunya sampe 38°C* aku langsung bawa ke dokter, karena kuatir muncul kemungkinan sakit lain yang lebih serius. Yang terakhir adalah ketika dia mo tumbuh gigi, sampe 5 hari Lexa alami panas tinggi, dari yang tanpa flu, sampe dia kena flu & batpil *berujung pada teparnya mama akibat begadang tiap hari. hiks*

Udah 3 DSA aku datangi hanya untuk menurunkan panas tingginya Lexa. Biasanya waktu bayi dulu, tiap abis imunisasi yg bikin panas, cukup aku kasih ASI banyak2 aja panasnya langsung turun gak sampe ganti hari. Tapi kali ini, kok gak ada perubahan ya… Udah hampir putus asa, krn udah ganti dokter n obat2an diminum lexa, sampe mama gak tega liatnya. Meskipun secara aktivitas n pola makan, gak ada perubahan berarti. Lexa tetep maen2 seperti biasa n maemnya pun masih banyak seperti gk sakit. Tapi suhu badannya yang tinggi tetep gak bisa bikin mama tenang.

ini dia penampakan daun banten

ini dia penampakan daun banten

Kebetulan, bi Hur (ART di rumah Omanya Lexa) tau, dan dia bilang kalo ada obat tradisional yang biasa dipake di NTB sini, namanya daun banten.  Aku kurang tau apa sebutan untuk daun banten ini kalo di Jawa. Tapi kalo diliat2 dr bentuknya dan fungsinya, sepertinya daun banten biasa disebut daun dadap kalo menurut istilah umumnya.

daun banten close up

daun banten close up

Oleh bi Hur, daun banten yang udah didapet tadi *pohon banten biasa tumbuh di pinggir jalan & digunakan untuk pagar oleh warga sini* diuleg dan digunakan untuk tapel di kepala lexa. Dan Puji Tuhan, gak sampe sehari, ternyata panas demam yang udah bikin kita kuatir itu perlahan2 turun n gk kembali lagi.

daun banten

daun banten

Ajaib! Ternyata obat demamnya lexa hanya beberapa lembar daun banten yang gratis dan tersedia di alam bebas. Sementara obat dokter yang menelan biaya hingga ratusan ribu tdk berhasil menurunkan panas demamnya.  Sejak saat itu, aku selalu menggunakan daun banten setiap lexa mengalami panas demam. Alam ternyata sangat baik, dan Tuhan juga luar biasa baiknya, hanya saja, kita manusia yang harus bersahabat dg alam, agar bisa mendapatkan manfaat yang positif darinya.

Minggu 40 : Umurku 38 minggu sekarang. Aku sudah sempurna dan sangat siap melihat dunia. Jika aku tidak keluar sekarang maka akan berbahaya bagi ibu maupun aku.

Janin :

Minggu ini janin sudah berkembang dengan sempurna, panjang total 48 cm dan berat badan 3400 g. Bayi Ibu memenuhi ruang rahim dan hampir tidak memiliki ruang gerak. Imunitas atau kekebalan dari Ibu akan bertahan di tubuh bayi dan membantunya melawan infeksi selama 6 bulan ke depan. Bayi memiliki 300 tulang pada saat dilahirkan, dewasa memiliki 206 tulang. Hal ini disebabkan karena beberapa tulang bayi akan bergabung menjadi satu di kemudian hari. Sebagian besar verniks kaseosa pada bayi sudah menghilang. Lima belas persen total tubuh bayi adalah lemak, 80%-nya berada di bawah kulit, dan 20% lainnya berada di sekitar organ. Bayi laki-laki atau perempuan, puting mereka dapat mengeluarkan sedikit air susu. Apabila hal ini berlangsung maka tidak usah khawatir karena kejadian ini akan menghilang dalam beberapa hari ke depan.

(lebih…)

Minggu 39 : Umurku 37 minggu. Panjangku 48 cm dan beratku 3 sampai 3,2 kg. Tinggal 1 minggu lagi!

Janin :

Berat bayi Ibu saat ini mencapai 3-3,2 kg dengan panjang total 48 cm.  Tali pusat bayi memiliki panjang sekitar 50 cm sehingga dapat terjadi lilitan tali pusat pada tubuh bayi mengingat bayi Ibu yang sudah besar dan mengambil hampir seluruh ruang yang tersisa di rahim. Seluruh organ tubuh bayi siap berfungsi sempurna sekarang.

(lebih…)

Minggu 38 : Umurku 36 minggu sekarang. Panjangku 47 cm dan beratku 2,8 sampai 3 kg. Tinggal 2 minggu lagi!

Janin :

Pada saat ini bayi Ibu akan memiliki berat sekitar 2,8-3 kg dengan panjang total 47 cm. Lingkaran kepala dan lingkaran perut bayi Ibu memiliki ukuran yang sama. Verniks kaseosa hampir seluruhnya menghilang dari tubuh bayi Ibu saat ini.

(lebih…)

Minggu 37 : Umurku 35 minggu sekarang. Panjangku 47 cm dan berat badanku 2,6 sampai 2,8 kg. Aku sudah siap melihat dunia! Tinggal 3 minggu lagi!

Janin :

Selamat Ibu! Janin Ibu sudah cukup bulan saat ini. Hal ini berarti bayi Ibu siap untuk lahir kapanpun,. Paru-parunya sudah matang dan dapat berfungsi di luar rahim. Berat badan bayi mencapai 2,6-2,8 kg dengan panjang total 47 cm. Beberapa bayi memiliki rambut tebal dan beberapa bahkan tidak memiliki rambut.

(lebih…)

Minggu 36 : Umurku sekarang 34 minggu. Panjangku 46 cm dan berat badanku 2,3 sampai 2,5 kg. Kepalaku akan mulai berada di bawah. Seluruh organku sudah sempurna! Tinggal 4 minggu lagi!

Janin :

Minggu ini berat janin Ibu sekitar 2,3-2,5 kg dengan panjang total 46 cm. Saat ini lanugo (rambut tipis) yang masih berada di dada dan punggung janin mulai menghilang. Begitu juga dengan verniks kaseosa, lapisan serupa lilin yang melindungi janin selama 9 bulan ini dari cairan ketuban. Janin Ibu akan menelan semua substansi ini dan akan menghasilkan hasil sisa di ususnya yang berwarna kehitaman dan disebut mekonium. Mekonium akan keluar dalam waktu 24 jam setelah bayi dilahirkan. Apabila bayi mengalami stres di dalam rahim, maka mekonium dapat keluar dini di dalam rahim.

(lebih…)

Minggu 35 : Umurku 33 minggu sekarang. Panjangku 45 cm dan berat badanku 2,2 kg. Aku akan berkonsentrasi meningkatkan berat badanku sekarang. Tinggal 5 minggu lagi!

Janin :

Berat janin sekarang mencapai 2,2 kg dengan panjang total 45 cm. Sebagian besar organ janin sudah sempurna saat ini, janin akan berkonsentrasi untuk meningkatkan berat badannya di minggu terakhir kehamilan. Bila janin Ibu laki-laki maka testisnya sudah berada di kantung skrotum sekarang (kantung zakar).

(lebih…)