Kenapa diberi nama Alexandra..?

Posted: November 15, 2010 in My Beauty Alexa
Tag:,

Putri kecil kami terlahir ke dunia pada hari Sabtu, tanggal 5 Juni 2010. Setelah dilahirkan secara normal dengan bantuan vacuum, diketahuilah bahwa putri kami memiliki berat badan 3,35 kg dan panjang 51 cm. Oh ya, berdasarkan hasil rundingan dari aku, suami dan ‘sumbangan’ ide nama dari ortuku juga diberikanlah nama yang indah untuk putri pertama kami:

ALEXANDRA KATRINA ARTATININGTYAS LAO

Kenapa kami memberi nama tersebut?

  • ALEXANDRA :

sebenernya banyak pertimbangan kenapa nama ini diambil. Pertama, aku ngefans banget ama Alexandra Gottardo, karena dia cantik banget bahkan tanpa make up sekalipun tetep keliatan cantik. Aku berharap anakku akan secantik Alexandra Gottardo, meski gada darah bulenya.  (*jiaahhh)… Tapi kan tetep ada 4 suku yg nyampur di darahnya… (*tetep aja ngelessss) ;p

Alasan kedua, karena waktu kelahirannya berdekatan dengan World Cup 2010, di mana bapaknya ngefans ama Alessandro del Piero. Dulu pernah bilang, kalo anaknya cowok akan diberi nama Alessandro, tapi kalo anaknya cewek jadi Alexandra. Alhasil, diriku lah yang menang. Hahaha….

Pertimbangan yang ketiga yang sebenernya makna dari nama ini sekaligus doa dan harapan kami adalah Alexandra atau kalo nama cowoknya Alexander atau Alessandro bermakna Pemimpin / Pembela Umat. Di mana kami berdoa supaya anak kami kelak menjadi Pemimpin atau pembela umat atau rakyat. Amiin…

  • KATRINA :

Nama ini kami adopsi dari nama beberapa keluarga. Selain agar beraroma Kristiani juga. Keluarga yang kami ambil namanya adalah dari pihak Oma Buyut dan Budhenya.

Oma Buyutnya Lexa (Ibu dari Bapak Mertua aku) bernama Katarina Baiq Siti Khadijah. Hehehe… Campur aduk ya? Emang sih, itu nama baptis dr Oma suamiku. Untuk menghormati beliau, kami ambil namanya dengan mengubahnya sedikit menjadi Katrina.

Budhenya Lexa (kakak suamiku) sebenernya bernama Yuli Karina Pramini Lao. Kakak iparku itu sudah almarhumah. Karena ingin mengobati kangen serta disertai doa dan harapan supaya sifat baik dan karakternya yang rajin dan suka bekerja keras bisa ditularkan di anak kami, nama Karinanya kami ambil dengan maduin nama dari Oma Buyutnya. NB, sebenernya sih nama kakak iparku juga ngadopsi dari nama Omanya.

Nama Katarina sendiri di agama kami, yaitu Katolik adalah nama salah seorang Santa (Perawan dan Martir). Sifat positif  Santa Katarina dari Alexandria itulah yang ingin kami ambil agar diteladani oleh anak kami, yaitu anak yang cantik rupawan dan sangat pandai yang berasal dari keluarga bangsawan di Alexandria. Santa Katarina sendiri adalah sosok yang tekun belajar dan senang mendermakan harta kekayaannya untuk kaum miskin. Kenapa pada akhirnya Santa Katarina jadi martir ialah karena Santa Katarina tetap mempertahankan imannya meski akhirnya hidupnya berakhir di hadapan para algojo kafir. *NB: Nah, kalo cerita akhirnya sih aku berharap kalo nantinya anakku gak perlu mempertaruhkan nyawanya kayak gitu, rek! Serem juga… Lagian, hari gini kan udah gada lagi algojo kayak di jaman kerajaan abad 3an kayak di jamannya Santa Katarina ntu… 😉

  • ARTATININGTYAS

Kalo nama Artatiningtyas ini murni permintaanku kepada Eyang Kakungnya Lexa di Jawa. Sebelumnya aku mintakan nama jawa (mengingat nanti pasti akan ada nama fam dari keluarga Bapaknya Lexa) yang memiliki arti berhati mulia. Dan nama indah inilah yang kami terima. Eyang kakungnya berfilsuf bahwa makna dari nama ini adalah Berhati Kaya (Artati = Berharta, Ning = Di dalam, Tyas = Hati/Kalbu). Meski kesannya kalo orang liat mungkin dianggap kuno, tapi doanyalah yang penting bagi kami. Nama yang kami berikan untuk anak kami adalah doa bagi anak kami kelak.

  • LAO

Kalo nama yang satu ini, gak perlu dijelasin maknanya (karena memang aku gak tau apa makna nama ini). Tapi yang jelas, nama ini adalah nama Fam (Marga bagi orang Timur) dari keluarga suamiku. Karena suamiku adalah anak laki2 dari orang Alor yang mempunyai fam ini, otomatis Lexa juga mendapatkan nama fam ini di belakang namanya. Untuk menunjukkan bahwa anak kami mempunyai darah Alor juga mengalir di badannya.

Nah, secara keseluruhan, makna nama dari anak kami yaitu ALEXANDRA KATRINA ARTATININGTYAS LAO adalah Putri Cantik Rupawan yang menjadi Pemimpin bagi Rakyat namun tetap rendah hati dan berhati kaya/mulia. Kalau pepatah bilang, apalah arti sebuah nama? Kalo kami bilang, nama yang kami berikan bagi anak kami adalah doa sekaligus harapan bagi hidupnya kelak. Dan semoga langkahnya menjadi lebih ringan karena doa kami orang tuanya senantiasa menyertainya…

Iklan
Komentar
  1. Hmm…sdh ku duga, suami mu pasti berasal dr NTT karena bermarga Lao 🙂

    Alexa, namamu cantik skali, nak, semoga doa orang tua n keluarga besar mu yang terpatri lewat namamu yang indah itu bisa terwujud ya…

    Tuhan Yesus memberkatimu selalu, Lexa, menjadikanmu wanita bijak yang selalu punya hati taat dan takut akan Tuhan. Sampai kapanpun, selalu menjadi garam n terang di tengah dunia yg penuh kemunafikan ini ya sayang… Terakhir, semoga Alexa menjadi pemimnpin prajurit Kristus yg sll menebar kasih n damai 🙂

  2. laofam berkata:

    hehehe… makasih nte…
    iya neh. krn jd nona alor, makanya namanya juga dpt fam dr garis bpknya.
    mohon doanya, supaya lexa bisa jadi anak Tuhan yang taat n jd pendoa buat mama bapaknya, sama kayak abang raja..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s