Usia janinku sekarang masuk dua bulan

Posted: Januari 7, 2010 in Cerita selama hamil...

Masuk di bulan kedua. Sama seperti di bulan pertama, babyku bisa diajak kerjasama kali ini. Gada keluhan yang terlalu memberatkan berhubungan dengan aktivitas sehari2. Yang menjadi kendala dalam keseharian baru bisa ditemui waktu mo tidur. Waktu tidur telentang, mungkin karena perut yg mulai membuncit disertai beberapa bagian tubuh laen yg terjadi penambahan daging (ato lemak barangkali? hehehe), perlu pake ganjel buat punggung, karena punggung sering pegal2 kalo tidur di alas yg rata. Ato kalo miring, musti dialasin jg biar gak terlalu jatuh ke bawah. Yang pasti, sekarang udah gak memungkinkan lagi buat tidur tengkurap. Karena selaen kasian si baby, pastinya jg sesak napas bo! hehehe… Secara body bagian depan, belakang ato samping sudah ada penebalan. Trus sesak napas jg kadang2 terjadi karena alas kepala kurang tinggi. Jadi bantal/guling yg dipake musti ditambahin tingginya, biar gak sesak napas kalo mo tidur. Kalo udah kayak gini, kayaknya lengan si papa yang jadi bantal terbaik deh. karena lengannya besar n keras. jadi kuat buat nyangga kepalaku sampe pagi. hehehe….

Mengenai nafsu makan. Emang sejak awal kehamilan, aku mulai susah makan, apalagi kalo makanan itu pake nasi dingin dan sayur bening yang gada rasa bumbu apa2. Tapi kalo bauin makanan berbumbu lengkap jg langsung mual. Selain lidah juga sudah mulai gak beres. Karena seringkali makanan yg menurut suamiku enak rasanya, aku bilang gada rasa. Kalo menurut suami gak enak, aku bilang keasinan, kadang2 kurang asin sampe aku tambahin garam banyak2. Hehehe… Tapi untungnya aku punya suami yg pengertian. Meskipun istrinya masak dlm kondisi lidah serba gak menentu, makanan tetep dilahap dengan nikmatnya. (Mungkin karena laper ato gak mo ngecewain istrinya kali ya…)

Ada juga bagian2 tubuh tertentu yang laen sudah mulai mengalami perubahan. Ada yang membesar, ada jg yg mengencang. Wakakakak… Agak tabu sih dibilang, tapi mungkin emang inilah kodrat wanita hamil ya. Banyak perubahan yg musti dihadapi, seringkali hal ini bikin ibu2 baru jadi stres karenanya. But, aku musti bisa nikmatin. Karena ini anak pertama yang emang aku udah lama pengen segera punya. Ntar kalo ibunya stres, anakku bisa ikutan stres donk….

Sekarang ini yang nyebelin lagi adalah munculnya sakit gigi. Gusi2ku pada bengkak, akibatnya nafsu makan semakin hilang. Dipaksa2in makan malah tambah parah. Pernah suatu saat gigiku sakit berat, dan akhirnya aku redam rasa sakit itu pake cara makan es batu (biar mati rasa, maksudnya), eh ujung2nya gigiku yg udah lubang malah jd patah dan skr goyang. Karena masih hamil muda, aku takut kalo mo nyabut gigi. Karena ada yg blg gak boleh cabut gigi kalo lagi hamil. Tapi di inet aku jg baca beberapa referensi kalo gpp nyabut gigi, kalo emang dirasa sakit gigi itu sudah sangat mengganggu ibu hamil. Karena biar gimana, ibu hamil jg manusia biasa yang berhak mendapat layanan kesehatan sebagai mana mestinya. Tapi aku musti nunggu kehamilanku masuk trimester kedua, kurang lebih 4-6 bulan usia kandunganku. Karena efek dr sakit gigi ini selain menyiksa, juga akan berpengaruh pada janin (baca ini). Jadi was-was juga. Hiks…

Tapi bulan ini aku berencana buat meriksain kandunganku lagi, so bisa sekalian mampir ke dokter gigi yang juga ada praktek di klinik tempat aku periksa kandungan. Biar bisa diperiksa dan diambil tindakan lebih lanjut, biar gk berkelanjutan sakit gigi ini. Emang betul kok, lagunya Meggy Z (alm.) musti direvisi, krn lebih baek sakit hati daripada sakit gigi.

Iklan
Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s