Persiapan Pernikahan (episode -2)

Posted: Desember 4, 2009 in Pre Wedding Preparation

Hari Rabu, tgl 18 November 2009, kegiatan selanjutnya adalah mulai sibuk2 pemasangan tenda dan janur. Seperti sebagaimana lazimnya adat orang Jawa, setiap aktivitas pasti akan ada anggah-ungguhnya. Seperti sebelum pelaksanaan acara or pekerjaan musti berdoa dan ‘permisi’ dulu pada alam. Agar diberi kelancaran dan kemudahan dalam setiap kegiatannya. Pun demikian dengan kegiatan di rumah hari itu. Pagi harinya bapak2 tetangga sekitar rumah sudah pada berdatangan sambil bawa parang dan pisau. Bukannya mau demo, tapi mereka mo bantu buatin hiasan pernikahan yang akan dipasang di depan rumah.

ikat kuat2 bambunya biar gak goyah kalo kena angin

Menurut adat Jawa yang berlaku, biasanya sehari atau dua hari sebelum pernikahan, biasanya gerbang rumah pengantin perempuan akan dihiasi Tarub atau janur kuning yang terdiri dari berbagai macam tumbuhan dan daun-daunan, seperti berikut:

  • 2 pohon pisang dengan setandan pisang masak pada masing-masing pohon, melambangkan suami yang akan menjadi kepala rumah tangga yang baik dan pasangan yang akan hidup baik dan bahagia dimanapun mereka berada (seperti pohon pisang yang mudah tumbuh dimanapun).  >>> Kali ini, jenis pisang yang dipilih adalah jenis pisang raja dan pisang kluthuk (pisang biji), yang menyimbolkan bahwa sang raja sudah kepethuk (ketemu) dengan permaisurinya. Hihihi… ada2 aja ya org jaman dulu berpantun or berandai2.
  • Tebu Wulung atau tebu merah, yang berarti keluarga yang mengutamakan pikiran sehat. >>> Untuk tebu wulung ini entah emang sengaja gk pake ato karena gak nemu, makanya gak dipake.
  • Cengkir Gading atau buah kelapa muda, yang berarti pasangan suami istri akan saling mencintai dan saling menjagai dan merawat satu sama lain. >>> Sama jg dg tebunya. Aku gada liat cengkir gading ini di janurku.
  • Berbagai macam daun seperti daun beringin, daun mojo-koro, daun alang-alang, dadap serep, sebagai simbol kedua pengantin akan hidup aman dan keluarga mereka terlindung dari mara bahaya. >>> Nah, kalo untuk daun2an ini, aku gak tau apa aja yg diangkutin kmrn. Tp kayaknya ada jg daun beringinnya selain daun kelapa. Wong tau2 bapak2 ini udah bawain daun2 untuk ditempel di gerbang pengantinnya. hihihi….

pemasangan janur di muka dan bleketepe di atas

pemasangan bleketepe & pohon pisang

Selain itu di atas gerbang rumah juga dipasang bleketepe yaitu hiasan dari daun kelapa untuk mengusir roh-roh jahat dan sebagai tanda bahwa ada acara pernikahan sedang berlangsung di tempat tersebut. >>> Untuk hiasan satu ini, gak disangka ternyata meski kayaknya tangan2nya kaku semua, tapi ternyata bapak2 pada pinter nganyam lho! salutttt!!!!! ;p

Dekorasi lain yang dipersiapkan adalah Kembar Mayang yang akan digunakan dalam upacara panggih. >>> Kembar Mayang ini dibuat 2 buah, nantinya akan dipegang masing2 satu buah untuk masing2 pihak, Pihak mempelai pria dan mempelai wanita, untuk kemudian ditukar pas prosesi panggih.

Ada persyaratan laen dalam prosesi adat Jawa dlm persiapan pernikahan kami, yaitu adanya sesajian. Sebelum Tarub dan janur kuning tersebut dipasang, sesajen atau persembahan sesajian biasanya dipersiapkan terlebih dahulu. Sesajian tersebut antara lain terdiri dari: pisang, kelapa, beras, daging sapi, tempe, buah-buahan, roti, bunga, bermacam-macam minuman termasuk jamu, lampu, dan lainnya. Kalo di sesajian yang aku pake, berasnya digunakan beras kuning

Arti simbolis dari sesajian ini adalah agar diberkati leluhur dan dilindungi dari roh-roh jahat. Sesajian ini diletakkan di tempat-tempat dimana upacara pernikahan akan dilangsungkan, seperti dapur, tempat nanak nasi, pintu gerbang, di bawah Tarub, dan kamar pengantin. Karena puncak dari acaranya di kamar pengantin mungkin ya, makanya ama pembuat sajen ini bentuk sesajian yang satu ini dibedakan dari yang laen, seperti ada tambahan rokok di dalamnya. Sayang aku gak sempet abadiin bentuk sesajian ini, karena tiba2 udah repot ngerjain yang laennya.

Untuk persiapan laennya, dilanjut di episode -3 ya…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s